Anatomi Tanaman Serai dan Manfaatnya

Akar
Susunan umum dari akar Cymbopogon citratus dari bagian luar ke dalam adalah epidermis, korteks, selapis sel endodermis, dan stele akar, yang terdiri atas xilem dan floem. Karena merupakan tumbuhan monokotil maka xilemnya tidak berkembang hingga ke tengah-tengah lingkaran pusat akar sehingga pada lingkaran pusat dijumpai adanya parenkim empulur. Selain itu, pada akar juga terdapat jaringan meristem apikal yang selalu membelah diri.

Epidermis akar terdiri dari selapis sel yang tersusun rapat dan berdinding tipis serta memiliki rambut akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan. Korteks akar tersusun dari beragam sel yang membentuk beberapa lapisan, berdinding tipis, dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk petukaran gas. Pada korteks terdapat parenkim, kolenkim, dan sklerenkim. Lapisan endodermis akar berupa sebaris sel-sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel dan merupakan pemisah yang jelas antara korteks dan stele karena susunan dan bentuk selnya khas, berbeda dengan lapisan lainnya. Pada stele terdapat berkas pengangkut, yaitu xilem dan floem yang berselang-seling membentuk lingkaran.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sereh (Cymbopogon citratus)

Batang
Susunan umum dari batang Cymbopogon citratus dari bagian luar ke dalam adalah epidermis batang, jaringan korteks, berkas pengangkut, dan empulur batang. Karena batangnya adalah batang monokotil (tidak berkayu), jaringan pengangkutnya tesusun dalam berkas-berkas dan tersebar di seluruh permukaan batang. Di antara berkas-berkas perngangkut tersebut dikelilingi oleh jaringan parenkim. Pada daerah parenkim korteks terdapat sel dan kelenjar minyak yang bisa digunakan untuk produksi minyak, yaitu minyak atsiri. Sebagian besar sel epidermis berasal dari sel-sel utama yang mengandung serat/fiber seperti sel epidermis. Sel-sel epidermis ini tersusun teratur secara paralel. Jaringan epidermis batang tersusun oleh selapis sel yang tersusun rapat, tanpa ruang antar sel. Korteks batang tersusun oleh sel-sel parenkim yang berdinding tipis dan letaknya tidak teratur. Selain parenkim, juga terdapat kolenkim dan sklerenkim. Di dalam stele terdapat sel parenkim dan berkas pengangkut berupa xilem dan floem. Berkas pengangkut letaknya tersebar tidak teratur, di mana masing-masing berkas pengangkut ini terbungkus oleh sarung berkas pengangkut.
Daun
Susunan umum dari daun Cymbopogon citratus dari atas ke bawah adalah epidermis atas, mesofil, berkas pengangkut, dan epidermis bawah. Pada sayatan melintang melalui tulang daun tampak epidermis atas terdiri dari satu lapis sel yang berbentuk agak bulat dengan ukuran yang tidak selalu sama dan mempunyai rambut penutup. Epidermis bawah terdiri dari sel serupa epidermis atas hanya lebih kecil. Stomata terdapat di kedua permukaan. Mesofil terdiri dari sel-sel parenkim yang tersusun renggang dan berisi tetes-tetes minyak. Sel-sel mesofil pada berkas pengangkut lebih besar, kloroplasnya lebih sedikit, dan dindingnya lebih tebal. Berkas pengangkut terdapat pada tulang daun. Tipe berkas pengangkut ini sama dengan tipe berkas pengangkut pada batang. Jaringan kolenkim tersebar di antara parenkim, selanjutnya terdapat xilem dan floem dari berkas pembuluh tipe kolateral.

Bunga, buah, dan buah
Cymbopogon citratus sangat jarang berbunga sehingga juga sangat jarang menghasilkan buah, bahkan biji. Karena itu, struktur anatomi dari bunga, buah, dan bijinya ini juga tidak diketahui. Karena sangat jarang berbunga dan menghasilkan biji maka tanaman ini pada umumnya direproduksi dengan akar, tidak dengan biji.

HABITAT :
Cymbopogon citratus tumbuh pada daerah dengan ketinggian 50 – 2700 M dpl. Tanam pada berbagai kondisi tanah di daerah tropika yang lembab, cukup sinar matahari dan dengan curah hujan yang relatif tinggi. Wilayah Indonesia banyak terdapat di Jawa, ditepi jalan atau dipersawahan. Serai dapur memerlukan iklim yang panas degan cahaya matahari yang banyak dan curah hujan yang cukup. Tidak memerlukan tanah yang subur. Tanah yang berat dan subur, hasil daunnya tinggi, tetapi kadar minyaknya agak rendah (Dalimartha, 1999).

PERKEMBANG BIAKAN:
Perkembangbiakan Cymbopogon citratus dilakukan dengan sistem bonggol akar pada batang semu (stool). Batang semu yang telah dewasa (minimal terdiri 10 pelepah daun) digunakan sebagai bibit. Satu rumpun sereh dapur yang telah dewasa yang berumur lebih dari 1 tahun dapat menghasilkan bibit di atas 50 batang (Mansur, 1992).

KANDUNGAN KIMIA SERAI :

Kandungan dari serai terutama minyak atsiri dengan komponrn sitronelal 32-45%, geraniol 12-18%, sitronelol 11-15%, geranil asetat 3-8%, sitronelil asetat 2-4%, sitral, kavikol, augenol, elemol, kadonon, kadinen, vanilin, limonen, kamfen. Minyak serai mengandung 3 komponen utama yaitu sitronelal, sitronelol, geraniol. Minyak serai memiliki aroma khas lemon, karena roma tersebut adalah sebuah senyawa bergugus fungsi aldehid, yakni sitral sebagai senyawa utama minyak

KHASIAT SERAI SEBAGAI OBAT :

Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Obat gangguan pencernaan

Teh yang mengandung serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

Detoksifikasi

Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan.

Manfaat pada sistem saraf

Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.

Menurunkan tekanan darah

Serai efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.

Sebagai analgesik

Serai meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri. Jadi jika Anda mengalami sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri, teh lemon pasti bisa membantu.

Kulit indah

Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan.

Kesehatan wanita

Konsumsi teh yang diberi serai mungkin akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual.

About these ads

Perihal nanda oktara
Simple Blog Tora ini hanyalah suatu wadah untuk berbagi, tidak bermaksut menggurui hanya ingin belajar untuk lebih baik lagi kedepannya, Semoga semua artikel yang ada disini bermanfaat untuk kita semua, karna berbagi itu indah dalam ruang lingkup positif sahabat harus percaya itu :D Berikan Pendapat Anda

Tinggalkan Komentar Sahabat Dengan Bahasa Yang Baik

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: